GUDANGMRF.COM

Jenis-Jenis dan Fungsi Port I/O



Jenis-Jenis dan Fungsi Port I/O


Port adalah mekanisme yang mengizinkan untuk menjebatani dan menghubungkan hardware luar dengan komputer pada sistem komputer.



Port PS/2
Port ini umumnya digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse. 
Port PS/2 berarti port yang biasanya terdapat pada panel belakang motherboar, yang digunakan untuk tempat sambungan atau hubungan keyboard/mouse yang menggunakan konektor tipe PS/2. Port PS/2 untuk keyboard biasanya berwarna ungu, sedangkan port PS/2 untuk mouse biasanya berwarna hijau. kedua port ini berbeda fungsi walaupun tampaknya seakan-akan sama, yaitu ukuran/dimensinya sama dan memiliki jumlah lubang pin yang sama. Keduanya tidak saling kompatibel, artinya port PS/2 untuk keyboard tidak boleh digunakan untuk mouse, dan port untuk mouse juga tidak boleh digunakan untuk keyboard, sebab keduanya memilik set perintah yang berbeda. Sebenarnya, istilah PS/2 berasal dari nama suatu seri koputer PC, yaitu IBM Personal System/2 yang diperkenalkan pada tahun 1987.



Port Parallel 
Yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan standard parallel Port 200 kb/s. Hardware yang dapat digunakan dengan port ini adalah Printer, Scanner.



Port Serial (COM1 dan COM2)
Yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan lebih rendah dibanding jenis port parallel. Kabel connector untuk COM1 adalah 9 pin dan untuk COM2 25 pin.


Port USB
USB (Universal Serial Bus) merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan USB Port adalah Flashdisk, Keyboard USB, dan hardware lain yang menggunakan USB sebgai konektornya.


Port VGA
Merupakan port yang langsung berhubungan dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.

Port Audio
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti tape, radio, speaker, dan lain-lain.


Port LAN
Port yang digunakan untuk komunikasi antar komputer, sehingga komputer dapat terhubung dan saling berbagi informasi dengan komputer lainnya.

0 Response to "Jenis-Jenis dan Fungsi Port I/O"

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentas yang membangun,,,tidak mengandung SARA

Postingan Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Iklan Bawah Artikel