GUDANGMRF.COM

Pengenalan Jaringan Komputer



Pengenalan Jaringan Komputer


Apa  itu  jaringan  komputer?
Sebuah  jaringan  komputer,  sering hanya disebut  sebagai jaringan,  adalah kumpulan komputer dan perangkat interkoneksi oleh saluran komunikasi yang memfasilitasi komunikasi dan memungkinkan  berbagi  sumber  daya  dan  informasi  antara  perangkat  yang  saling  berhubungan.
Secara  lebih  sederhana,  jaringan  komputer  adalah  koleksi  dari  dua  atau  lebih  komputer  yang dihubungkan bersama-sama untuk tujuan berbagi informasi, dan sumber daya, antara satu sama lain.
Jaringan komputer atau komunikasi data (Datacom) adalah disiplin rekayasa yang bersangkutan dengan jaringan  komputer.  Jaringan  komputer  kadang-kadang  dianggap  sebagai  sub-disiplin  teknik  listrik, telekomunikasi,  ilmu  komputer,  teknologi  informasi  dan  atau  rekayasa  komputer,  karena  sangat bergantung pada aplikasi teoritis dan praktis dari disiplin ilmu dan rekayasa.
Manfaat Jaringan

  1. Berbagi koneksi Internet kecepatan tinggi: Daripada hanya memasukkan satu komputer ke koneksi internet kecepatan tinggi (DSL, kabel, ISDN, atau apapun yang Anda gunakan), Anda dapat menggunakan jaringan komputer untuk mendistribusikan akses ke semua komputer.
  2. Berbagi file: Pada jaringan komputer, Anda tidak akan harus menggunakan disk yang 3,5-inci floppy yang sudah tua atau membakar CD atau menggunakan flash drive untuk mendapatkan file dari satu komputer ke komputer lain. Sebaliknya, Anda dapat melihat dan mengakses semua file dari semua komputer dari komputer masing-masing. Mentransfer file antara PC dalam jaringan hanya membutuhkan cukup klik atau drag dan drop, atau copy dan paste, dan selesai.
  3. Berbagi printer: jaringan komputer juga dapat membantu Anda berbagi printer di antara semua komputer. Ini jika Anda memiliki komputer lebih banyak dari printer. Anda dapat mencetak pekerjaan ke printer dari komputer manapun.
  4. Bermain game multiplayer: Anda dapat bermain game multiplayer dengan orang lain pada jaringan komputer. Satu pemain bisa di PC ruang keluarga, dan yang lainnya bisa ruangan lain dengan laptop nirkabel. Sebuah jaringan komputer juga akan membuat lebih mudah bagi Anda untuk menempatkan video game konsol online, sehingga dapat bermain dengn orang lain di seluruh dunia.
  5. Berbagi Multimedia: Dalam jaringan komputer, kita dapat mentransfer dan berbagi foto dengan Wi-Fi ataupun wired LAN dari kamera digital Anda atau bingkai foto digital.
  6. Meningkatkan hiburan: Sebuah jaringan komputer misalnya dirumah juga dapat membuka jalan baru untuk hiburan. Jaringan media player dan kotak TiVo dapat memberikan akses musik online dan layanan dari TV Anda. Sling Media memungkinkan Anda mengakses pemrograman audio/video dengan sumber dari Internet di mana saja di duni
Topologi Jaringan

—Tampilan fisik jaringan yang menggambarkan penempatan komputer-komputer di dalam jaringan dan bagaimana kabel ditarik untuk menghubungkan komputer-komputer tersebut.
Jenis-Jenis Topologi
Topologi Bus
Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kabel harus di akhiri dengan satu terminator.
topologi bus
Topolgi Start
Topologi bintang merupakan bentuk topologi jaringan yang berupa konvergensi dari node tengah ke setiap node atau pengguna.
start
Topologo RIng/Cincin
—Topologi cincin adalah topologi jaringan dimana setiap titik terkoneksi ke dua titik lainnya, membentuk jalur melingkar membentuk cincin.
ring
Topogi Mesh
—Setiap komputer terkoneksi dengan semua komputer yang ada
mesh
Topologi Hybrid
Topologi Hybrid adalah jaringan yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi. Sebuah topologi hybrid memiliki semua karakterisitik dari topologi dasar yang terdapat dalam jaringan tersebut.
hybrit
sekianTerima Kasih
SIlahkan tinggalkkan jejak pada collom comeennya....

0 Response to "Pengenalan Jaringan Komputer"

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentas yang membangun,,,tidak mengandung SARA

Postingan Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Iklan Bawah Artikel