GUDANGMRF.COM

Periksa ic power mainboard

CHECKING IC POWER LAPTOP DAN KAPASITOR
Dua jenis komponen yang sering rusak pada motherboard laptop yang mati total adalah IC power dan kapasitor, jadi kita harus mengetahui cara checking ic power dan kapasitor tersebut agar bisa menemukan sumber masalah pada laptop mati total tersebut.
IC power, yang menggunakan komponen jenis mosfet secara umum ( pada laptop ) memiliki kaki 8, namun pada aplikasinya 8 kaki tersebut di group-kan menjadi tiga bagian, yaitu input output dan pemicu, pada posting ini kita akan secara sengkat saja menjelaskan cara check ic power tanpa harus melepas-nya dari motherboard dan kita sudah siapkan video tutorialnya secara umum.
Ciri-ciri ic power yang tidak rusak adalah saat kita melakukan cek menggunakan multitester jarum tidak menunjukkan angka 0 ohm, dan jika probe-nya dibalik maka nilai ohmnya tidak sama, ini nantinya menjadi ciri khas untuk kita mendapatkan pengganti ic power jika kita tidak menemukan ic pengganti dengan kode yang sama.
Sebagaimana sebuah dioda, dimana jika kita cek menggunakan multitester maka jarum hanya bergerak pada satu arah, saat probe multitester dibalik maka jarum juga tidak bergerak karena jika bergerak menandakan bahwa dioda bermasalah. Maka ic powerpun demikian karena memang terdapat komponen dioda di dalamnya, integrated dengan komponen lain dalam satu ic.

Kemudian checking kapasitor, salah satu syarat mutlak sebuah kapasitor dikatakan normal adalah tidak short, jadi ketika kita cek menggunakan multitester maka jarum tidak menunjukkan angka 0 ohm, dan tidak bergerak sama saat probe multitester di bolak balik. Jika di bolak-balik probenya menunjukkan nilai sama, walopun tidak 0 ohm, maka tetap saja kapasitor tersebut tidak normal.
Kita harus memahami cara checking ic power laptop dan kapasitor ini agar saat menganalisa sebuah laptop mati total kita segera bisa menemukan sumber kerusakannya dengna lebih mudah.

0 Response to "Periksa ic power mainboard"

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentas yang membangun,,,tidak mengandung SARA

Postingan Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Iklan Bawah Artikel