GUDANGMRF.COM

Contoh Perangkat Ajar Kerja Proyek - Teknik Komputer dan Jaringan



Satuan Pendidikan                 : SMK N Kinali
Program Keahlian                  : Teknik Komputer dan Jaringan
Bidang Keahlian                     : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian             : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran                       : Kerja Proyek
Kelas/Semester                        : XII/Ganjil
Tahun Pelajaran                     : 2018/2019
Materi Pokok                          : Tim Kerja dan kepemimpinan
Alokasi Waktu                        : 12 JP ( 3 Pertemuan)

A.  Kompetensi Inti

KI-3 (Pengetahuan)

Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional



KI-4 (Keterampilan)

Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung



B.  Kompetensi Dasar
KD dari KI-3 : Pengetahuan
3.1      Memahami tim kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
KD dari KI-4 : Keterampilan
4.1      Membuat Kelompok kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik

C.  Indikator  Pencapaian  Kompetensi (IPK)

KD dari KI-3 : Pengetahuan
3.1.1.      Menjelaskan alasan pembentukan tim kerja
3.1.2.      Menjelaskan tahapan pembentukan tim kerja
3.1.3.      Menjelaskan masalah dan dinamika tim kerja
3.1.4.      Menjelaskan kriteria tim kerja

KD dari KI-4 : Keterampilan
4.1.1        Membuat kelompok kerja
4.1.2        Membuat tugas-tugas kelompok kerja
D.  Tujuan Pembelajaran

1.      Melalui tampilan persentasi diharapkan peserta didik mampu memahami alasan pembentukan tim kerja dengan baik dan benar
2.      Melalui tampilan persentasi diharapkan peserta didik mampu memahami tahapan pembentukan tim kerja dengan baik dan benar
3.      Melalui tampilan persentasi diharapkan peserta didik mampu memahami masalah dan dinamika pembentukan tim kerja dengan baik dan benar
4.      Melalui tampilan persentasi diharapkan peserta didik mampu memahami kriteria tim kerja
5.      Melalui arahan guru pembimbing peserta didik dapat membuat kelompok kerja sesuai dengan kriteria pembentukan tim kerja
6.      Melalui arahan guru pembimbing peserta didik dapat membuat tugas-tugas kelompok kerja dengan baik dan benar
 E.  Materi Pembelajaran
Pembentukan Tim Kerja
1.        Pembagian peran kepemimpinan
Peran pemimpin dalam tim kerja sangatlah penting karena pemimpinlah yang akan mengatur semua jalannya fungsi tim kerja tersebut. Kepemimpinan seseorang dalam sebuah organisasi sangat besar perannya dalam setiap pengambilan keputusan, sehingga membuat keputusan dan mengambil tanggung jawab terhadap hasilnya adalah salah satu tugas pemimpin. Sehingga jika seorang pemimpin tidak mampu membuat keputusan, seharusnya dia tidak dapat menjadi pemimpin.

2.        Keterbukaan dan saling percaya
Di dalam sebuah tim, tempat adanya sekelompok orang yang bekerja, tentunya mempunyai banyak perbedaan. Perbedaan tersebut wajar saja, karena manusia memang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Namun, perbedaan tersebut jangan sampai menghalangi upaya untuk mengembangkan kelompok/tim. 

3.        Dengan menerapkan prinsip-prinsip bekerja dalam satu tim dan saling terbuka, saling percaya satu sama lain, setidaknya perbedaan yang ada tidak berkembang menjadi suatu konflik. Namun, diharapkan menjadi kelebihan yang dapat membantu suatu kelompok atau tim dalam melakukan kegiatannya sesuai dengan tujuan yang diharapkan. 

4.        Komunikasi
Secara sederhana komunikasi adalah suatu proses penyampaikan informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang lain. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain tersebut menjadi miliknya ataupun dimengerti/dipahami olehnya. Pada umumnya, komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala, mengangkat bahu.

F.   Pendekatan, Model dan Metode
1.        Pendekatan      : pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik
2.        Model              : pembelajaran berbasis Project Based Learning
3.        Metode            : simulasi, diskusi , tanya jawab, tugas.
 
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke 1

Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Ketua kelas memimpin doa pada saat pembelajaran akan dimulai.
ü  Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
ü  Guru menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan.
ü  Guru memberikan Pre Tes
10 menit


Kegiatan Inti
Mengamati
ü  Guru Mengenalankan Perencanaan Project Based Learning melalui Tayangan atau simulasi Pembentukan Tim Kerja

Menanya
ü  Guru Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Pembentukan Tim Kerja.
ü  Siswa menanyakan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Pembentukan Tim Kerja.


Mengeksplorasi
ü  Guru Mengeksplorasi tujuan dan sasaran yang jelas
ü  Guru Mengeksplorasi peran kepemimpinan
ü  Guru Mengeksplorasi keterbukaan dan saling percaya
ü  Guru Mengeksplorasi  komunikasi dalam tim kerja

75  menit
Penutup
ü  Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran tentang Pembentukan Tim Kerja
ü  Guru mengajak siswa untuk selalu berlaku jujur dalam semua kegiatan.
ü  Peserta didik diberitahu tentang rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.
ü  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam penutup
10   5 menit



Pertemuan Ke 2
Kegiatan
Deskripsi Kegiatan
Alokasi Waktu
Pendahuluan
ü  Ketua kelas memimpin doa pada saat pembelajaran akan dimulai dan memimpin menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
ü  Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.
ü  Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus dicapai.
ü  Guru menjelaskan strategi pembelajaran yang digunakan.
ü  Guru memberikan Pre Tes
10 menit


Kegiatan Inti
Mengasosiasi
ü  Guru Menganalisis cara pembentukan tim kerja
ü  Siswa membuat kelompok tim kerja

Mengkomunikasikan
ü  Guru menugaskan siswa untuk menyampaikan hasil pembentukan tim kerja
ü  siswa menyampaikan hasil pembentukan tim kerja
75  menit
Penutup
ü  Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil pembelajaran tentang Pembentukan Tim Kerja
ü  Guru mengajak siswa untuk selalu berlaku jujur dalam semua kegiatan.
ü  Peserta didik diberitahu tentang rencana kegiatan pada pertemuan berikutnya.
ü  Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan salam penutup
10    5 menit

H.  Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.    Instrumen dan Teknik Penilaian

KD
Teknik Penilaian
Instrumen
3.1     Memahami tim kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik


1.   Tes Tertulis










2.   Penugasan

1.   Apa Peran pemimpin dalam Tim Kerja Proyek
2.   Mengapa dalam Tim Kerja Proyek harus menjaga Keterbukaan dan saling percaya
3.   Apa langkah komunikasi yang dilakukan dalam Tim Kerja Proyek


1.     Buatlah Tim Kerja Proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik

4.1     Membuat Kelompok kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
1.      Tes Praktek / Ujuk Kerja
1.      Membuat laporan tentang hasil kerja mandiri/kelompok


I.     Media, Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1.    Media                : Power Point / Gambar
2.    Alat                    : Proyektor, Netbook, Ballpoint, Spidoll, Penghapus
3.    Bahan                : Kertas bergaris
4.    Sumber Belajar: Lembar Aktifitas Siswa, Modul Kerja Proyek, Internet :
a.         http://dickysosd.blogspot.co.id/2016/08/pembentukan-tim-kerja.html

Dibuat
Diperiksa
Disetujui
Tanggal
18 April 2018
Tanggal

Tanggal

Oleh
Gustifa Fauzan, S.Pd, Gr
Oleh
Ilham Effendi, S.Pd
Oleh
H. Syahrul, M.Pd
Jabatan
Guru Pemograman Dasar
Jabatan
Waka. Kurikulum
Jabatan
Kepala Sekolah









Download RPP KERJA PROYEL SEMESTER GANJIL.pdf

Download ANALISIs KI DAN KD Kerja Proyek.pdf

Download SILABUS MATA PELAJARAN KERJA PROYEK.pdf

 

Bagi yang butuh FILE PDF di atas, silahkan di download dan digunakan.

Indahnya Berbagi....

 

 


 

 

0 Response to "Contoh Perangkat Ajar Kerja Proyek - Teknik Komputer dan Jaringan"

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentas yang membangun,,,tidak mengandung SARA

Postingan Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Iklan Bawah Artikel