Contoh Perangkat Ajar Kerja Proyek - Teknik Komputer dan Jaringan
Satuan
Pendidikan : SMK N Kinali
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan
Komunikasi
Kompetensi
Keahlian : Teknik Komputer dan
Jaringan
Mata Pelajaran : Kerja Proyek
Kelas/Semester : XII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2018/2019
Materi Pokok : Tim Kerja dan
kepemimpinan
Alokasi Waktu : 12 JP ( 3 Pertemuan)
A. Kompetensi Inti
KI-3 (Pengetahuan)
|
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan
faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang
dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Jaringan pada tingkat teknis, spesifik,
detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian
dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional
|
KI-4 (Keterampilan)
|
Melaksanakan
tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kerja Teknik
Komputer dan Jaringan. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan
keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta
mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Menunjukkan
keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir,
menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di
bawah pengawasan langsung
|
B. Kompetensi Dasar
KD dari KI-3 : Pengetahuan
3.1 Memahami tim kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
KD dari KI-4 : Keterampilan
4.1
Membuat Kelompok kerja proyek yang terdiri
dari 4 sampai 5 peserta didik
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
KD
dari KI-3 : Pengetahuan
3.1.1.
Menjelaskan
alasan pembentukan tim kerja
3.1.2.
Menjelaskan
tahapan pembentukan tim kerja
3.1.3.
Menjelaskan
masalah dan dinamika tim kerja
3.1.4.
Menjelaskan
kriteria tim kerja
KD
dari KI-4 : Keterampilan
4.1.1
Membuat
kelompok kerja
4.1.2
Membuat
tugas-tugas kelompok kerja
D. Tujuan Pembelajaran
1. Melalui tampilan persentasi
diharapkan peserta didik mampu memahami alasan pembentukan tim kerja dengan
baik dan benar
2. Melalui tampilan persentasi
diharapkan peserta didik mampu memahami tahapan pembentukan tim kerja dengan
baik dan benar
3. Melalui tampilan persentasi
diharapkan peserta didik mampu memahami masalah dan dinamika pembentukan tim
kerja dengan baik dan benar
4. Melalui tampilan persentasi
diharapkan peserta didik mampu memahami kriteria tim kerja
5. Melalui arahan guru pembimbing
peserta didik dapat membuat kelompok kerja sesuai dengan kriteria pembentukan
tim kerja
6. Melalui arahan guru pembimbing
peserta didik dapat membuat tugas-tugas kelompok kerja dengan baik dan benar
E. Materi Pembelajaran
Pembentukan Tim
Kerja
1.
Pembagian
peran kepemimpinan
Peran pemimpin dalam tim kerja sangatlah penting
karena pemimpinlah yang akan mengatur semua jalannya fungsi tim kerja
tersebut. Kepemimpinan seseorang dalam sebuah organisasi sangat besar
perannya dalam setiap pengambilan keputusan, sehingga membuat keputusan dan mengambil
tanggung jawab terhadap hasilnya adalah salah satu tugas pemimpin. Sehingga
jika seorang pemimpin tidak mampu membuat keputusan, seharusnya dia tidak dapat
menjadi pemimpin.
2.
Keterbukaan
dan saling percaya
Di dalam sebuah tim, tempat adanya sekelompok orang
yang bekerja, tentunya mempunyai banyak perbedaan. Perbedaan tersebut wajar
saja, karena manusia memang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Namun,
perbedaan tersebut jangan sampai menghalangi upaya untuk mengembangkan
kelompok/tim.
3.
Dengan
menerapkan prinsip-prinsip bekerja dalam satu tim dan saling terbuka, saling
percaya satu sama lain, setidaknya perbedaan yang ada tidak berkembang menjadi
suatu konflik. Namun, diharapkan menjadi kelebihan yang dapat membantu suatu
kelompok atau tim dalam melakukan kegiatannya sesuai dengan tujuan yang
diharapkan.
4.
Komunikasi
Secara sederhana komunikasi adalah suatu proses
penyampaikan informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak yang
lain. Istilah komunikasi berasal dari kata Latin Communicare atau Communis yang
berarti sama atau menjadikan milik bersama. Kalau kita berkomunikasi dengan
orang lain, berarti kita berusaha agar apa yang disampaikan kepada orang lain
tersebut menjadi miliknya ataupun dimengerti/dipahami olehnya. Pada umumnya,
komunikasi dilakukan secara lisan atau verbal yang dapat dimengerti oleh kedua
belah pihak. apabila tidak ada bahasa verbal yang dapat dimengerti oleh
keduanya, komunikasi masih dapat dilakukan dengan menggunakan gerak-gerik
badan, menunjukkan sikap tertentu, misalnya tersenyum, menggelengkan kepala,
mengangkat bahu.
F.
Pendekatan, Model dan
Metode
1.
Pendekatan
: pembelajaran menggunakan pendekatan
saintifik
2.
Model
: pembelajaran berbasis
Project Based Learning
3.
Metode :
simulasi, diskusi , tanya jawab, tugas.
G. Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan Ke 1
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
|
Pendahuluan
|
ü Ketua kelas memimpin doa pada saat pembelajaran akan
dimulai.
ü Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa
untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus
dicapai.
ü Guru menjelaskan strategi pembelajaran yang
digunakan.
ü Guru memberikan Pre Tes
|
10 menit
|
Kegiatan Inti
|
Mengamati
ü Guru Mengenalankan Perencanaan Project Based
Learning melalui Tayangan atau simulasi Pembentukan Tim Kerja
Menanya
ü Guru Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Pembentukan Tim Kerja.
ü Siswa menanyakan terkait tayangan atau simulasi atau
hal-hal yang berhubungan dengan Pembentukan Tim Kerja.
Mengeksplorasi
ü Guru Mengeksplorasi tujuan dan sasaran yang jelas
ü Guru Mengeksplorasi peran kepemimpinan
ü Guru Mengeksplorasi keterbukaan dan saling percaya
ü
Guru
Mengeksplorasi komunikasi dalam tim
kerja
|
75
menit
|
Penutup
|
ü Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran tentang Pembentukan Tim Kerja
ü Guru mengajak siswa untuk selalu berlaku jujur dalam
semua kegiatan.
ü Peserta didik diberitahu tentang rencana kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
ü Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan
salam penutup
|
10 5 menit
|
Pertemuan Ke 2
Kegiatan
|
Deskripsi Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
ü Ketua kelas memimpin doa pada saat pembelajaran akan
dimulai dan memimpin menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
ü Guru mengecek kehadiran siswa dan meminta siswa
untuk menyiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan.
ü Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang harus
dicapai.
ü Guru menjelaskan strategi pembelajaran yang
digunakan.
ü Guru memberikan Pre Tes
|
10 menit
|
Kegiatan
Inti
|
Mengasosiasi
ü
Guru
Menganalisis cara pembentukan tim kerja
ü
Siswa
membuat kelompok tim kerja
Mengkomunikasikan
ü Guru menugaskan siswa untuk menyampaikan hasil pembentukan
tim kerja
ü siswa menyampaikan hasil pembentukan tim kerja
|
75 menit
|
Penutup
|
ü Guru bersama peserta didik menyimpulkan hasil
pembelajaran tentang Pembentukan Tim Kerja
ü Guru mengajak siswa untuk selalu berlaku jujur dalam
semua kegiatan.
ü Peserta didik diberitahu tentang rencana kegiatan
pada pertemuan berikutnya.
ü Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan
salam penutup
|
10 5 menit
|
H. Penilaian Pembelajaran, Remedial dan Pengayaan
1.
Instrumen
dan Teknik Penilaian
KD
|
Teknik Penilaian
|
Instrumen
|
3.1
Memahami tim kerja proyek yang terdiri dari 4
sampai 5 peserta didik
|
1.
Tes Tertulis
2.
Penugasan
|
1.
Apa
Peran pemimpin dalam Tim Kerja Proyek
2.
Mengapa
dalam Tim Kerja Proyek harus menjaga Keterbukaan dan saling percaya
3.
Apa
langkah komunikasi yang dilakukan dalam Tim Kerja Proyek
1. Buatlah Tim Kerja Proyek yang
terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
|
4.1 Membuat
Kelompok kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
|
1. Tes Praktek / Ujuk Kerja
|
1. Membuat laporan tentang hasil
kerja mandiri/kelompok
|
I.
Media,
Alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media :
Power Point / Gambar
2. Alat :
Proyektor, Netbook, Ballpoint, Spidoll, Penghapus
3. Bahan :
Kertas bergaris
4. Sumber
Belajar: Lembar
Aktifitas Siswa, Modul Kerja Proyek, Internet :
a.
http://dickysosd.blogspot.co.id/2016/08/pembentukan-tim-kerja.html
Dibuat
|
Diperiksa
|
Disetujui
|
|||
Tanggal
|
18 April 2018
|
Tanggal
|
Tanggal
|
||
Oleh
|
Gustifa Fauzan, S.Pd, Gr
|
Oleh
|
Ilham Effendi, S.Pd
|
Oleh
|
H. Syahrul, M.Pd
|
Jabatan
|
Guru Pemograman Dasar
|
Jabatan
|
Waka. Kurikulum
|
Jabatan
|
Kepala Sekolah
|
0 Response to "Contoh Perangkat Ajar Kerja Proyek - Teknik Komputer dan Jaringan"
Post a Comment
Silahkan Kirim Komentas yang membangun,,,tidak mengandung SARA