Satuan Pendidikan : SMK N Kinali
Program Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Bidang Keahlian : Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kompetensi Keahlian : Teknik Komputer dan Jaringan
Mata Pelajaran :
Pemrograman Dasar
Kelas/Semester : X/Ganjil
Tahun
Pelajaran : 2018/2019
Materi
Pokok : Konsep
Dasar Algoritma
Alokasi
Waktu : 12 JP ( 3
Pertemuan)
A.
Kompetensi inti
1.
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2.
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi,
gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3.
Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual,
konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Dasar-dasar Teknik
Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga,
sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
4.
Melaksanakan
tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang
lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan
lingkup kerja Dasar-dasar Teknik
Komputer dan Informatika Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan
kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan
menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif,
komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.
Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan,
meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan
orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah
pengawasan langsung.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
(IPK)
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi (IPK)
|
3.1
Menerapkan alur logika pemrograman computer
|
3.1.1
Menjelaskan pengertian algoritma
3.1.2
Memahami algoritma pemrograman
computer
3.1.3
Memahami struktur algoritma
pemrograman computer
3.1.4
Menerangkan macam-macam bentuk
algoritma pemrograman komputer
|
4.1
Membuat alur logika pemrograman komputer
|
4.1.1
Menggunakan struktur algoritma
4.1.2
Mengevaluasi kesalahan pembuatan algoritma
4.1.3
Mensimulasikan cara membuat alur logika
pemrograman komputer
|
C.
Tujuan
Pembelajaran
Melalui
kegiatan pembelajaran menggunakan model Discovery Learning yang dipadukan
dengan metode mind mapping, teknik
ATM, dan pendekatan saintifik yang menuntun peserta didik untuk mengamati
(membaca) permasalahan, menuliskan penyelesaian dan mempresentasikan hasilnya
di depan kelas, Selama dan setelah
mengikuti proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat
Ø
Menjelaskan konsep logika pemrograman komputer dengan
teliti
Ø
Memahami konsep algoritma pemrograman komputer dengan
tekun.
Ø
Menjelaskan macam macam struktur algoritma pemrograman
computer dengan cermat.
Ø
Memahami struktur penulisan algoritma pemrograman computer
dengan teliti
Ø
Mengelompokan bentuk algoritma percabangan sesuai
karakteristik dengan baik dan benar
Ø
Mengelompokan bentuk algoritma perulangan dengan baik dan
benar Mendemonstrasikan struktur algoritma dengan cermat dan teliti
Ø
Menggunakan struktur algoritma untuk memecahkan masalah
dengan cermat dan teliti
dengan
rasa rasa ingin tahu, tanggung jawab, displin selama proses pembelajaran,
bersikap jujur, santun, percaya diri dan pantang menyerah, serta memiliki sikap
responsif (berpikir kritis) dan pro-aktif (kreatif), serta mampu berkomukasi
dan bekerjasama dengan baik.
à Peduli
à Jujur berkarya
à Tanggung jawab
à Toleran
à Kerjasama
à Proaktif
à kreatif
D. Materi Pembelajaran
1. Materi
Pembelajaran Reguler
a.
Fakta:
Ø Algoritma
b.
Konsep
Ø Algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian
masalah yang disusun secara sistematis dan logis
c.
Prinsip
Ø Struktur algoritma terdiri dari 3, bagian yaitu
·
Judul Algoritma
·
Bagian Deklarasi
·
Bagian Deskripsi
d.
Prosedur
Ø Membuat alur
logika pemrograman komputer
2.
Materi pembelajaran remedial
Ø pengertian algoritma
Ø struktur algoritma pemrograman komputer
Ø bentuk algoritma pemrograman komputer
3.
Materi pembelajaran pengayaan
Ø Bahasa Algoritma
E.
Metode Pembelajaran
§ Pendekatan : Scientific Learning
§ Model
Pembelajaran : Discovery Learning (Pembelajaran Penemuan)
§ Metode : Ceramah, Penugasan dan Peraktikum
F. Media/alat, Bahan, dan Sumber Belajar
1. Media/alat:
Ø
Spidol
Ø
Writeboard
Ø
Laptop
Ø
Infokus/Proyektor
Ø
Bahan
Tayang
2.
Sumber Belajar
Ø
Buku Guru Mata Pelajaran Pemrograman dasar SMK X Kurikulum
2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Ø
Buku siswa Mata Pelajaran Pemrograman dasar SMK X Kurikulum
2013 Jakarta: Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan
Ø
Modul/bahan ajar,
Ø
internet,
Ø
Sumber lain yang relevan
G. Langkah-langkahPembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 40
menit )
|
Waktu
|
||||||||||||||
KEGIATAN PENDAHULUAN
Guru :
Orientasi (Menunjukkan sikap disiplin sebelum memulai proses pembelajaran,
menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianut (Karakter) serta
membiasakan membaca dan memaknai (Literasi)).
Apersepsi
Motivasi
Ø Pengertian algoritma
Pemberian Acuan
|
15
menit
|
||||||||||||||
KEGIATAN INTI
|
130
menit
|
||||||||||||||
Catatan :
Selama pembelajaran berlangsung, guru mengamati
sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi sikap: disiplin, rasa percaya
diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah tanggungjawab, rasa ingin
tahu, peduli lingkungan)
|
|
||||||||||||||
KEGIATAN PENUTUP
Peserta didik :
Guru :
|
15
menit
|
H.
Penilaian, Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
1.
Teknik Penilaian
a.
Sikap
1)
Observasi
(Jurnal)
2)
Penilaian
Diri
3)
Penilaian
Antar Teman
b.
Pengetahuan
1)
Tes
Tertulis
-
Uraian/esai
2)
Tes
Lisan
© Tes lisan pemaparan materi dari pemahaman siswa.
c.
Keterampilan
1)
Proyek, pengamatan,
wawancara’
© Mempelajari buku teks dan sumber lain tentang materi
pokok
© Menyimak tayangan/demo tentang materi pokok
2)
Portofolio / unjuk kerja
3)
Produk,
4)
Praktik
2.
Instrumen Penilaian
a.
Pertemuan
Pertama (Terlampir)
b.
Pertemuan Kedua
(Terlampir)
c.
Pertemuan Ketiga
(Terlampir)
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a.
Remedial
v Remidial dapat
diberikan kepada peserta didik yang belum mencapai KKM maupun kepada peserta
didik yang sudah melampui KKM. Remidial terdiri atas dua bagian : remedial
karena belum mencapai KKM dan remedial karena belum mencapai Kompetensi Dasar
v Guru memberi
semangat kepada peserta didik yang belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan
Minimal). Guru akan memberikan tugas bagi peserta didik yang belum mencapai KKM
(Kriterian Ketuntasan Minimal), misalnya sebagai berikut.
Ø
Pembelajaran remedial dilakukan
bagi siswa yang capaian KD nya belum tuntas
Ø
Tahapan pembelajaran remedial
dilaksanakan melalui remidial teaching (klasikal), atau tutor sebaya, atau
tugas dan diakhiri dengan tes.
Ø Tes remedial, dilakukan sebanyak 3 kali dan apabila setelah 3 kali tes
remedial belum mencapai ketuntasan, maka remedial dilakukan dalam bentuk tugas
tanpa tes tertulis kembali.
b.
Pengayaan
v Pengayaan
diberikan untuk menambah wawasan peserta didik mengenai materi pembelajaran
yang dapat diberikan kepada peserta didik yang telah tuntas mencapai KKM atau
mencapai Kompetensi Dasar.
v Pengayaan dapat
ditagihkan atau tidak ditagihkan, sesuai kesepakatan dengan peserta didik.
v Direncanakan
berdasarkan IPK atau materi pembelajaran yang membutuhkan pengembangan lebih
luas misalnya
Ø
Siwa yang mencapai nilai
diberikan materi masih
dalam cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan
Ø
Siwa yang mencapai nilai
diberikan materi
melebihi cakupan KD dengan pendalaman sebagai pengetahuan tambahan.
Dibuat
|
Diperiksa
|
Disetujui
|
|||
Tanggal
|
18 April 2018
|
Tanggal
|
|
Tanggal
|
|
Oleh
|
Gustifa Fauzan, S.Pd, Gr
|
Oleh
|
Ilham Effendi, S.Pd
|
Oleh
|
H. Syahrul, M.Pd
|
Jabatan
|
Guru Pemograman Dasar
|
Jabatan
|
Waka. Kurikulum
|
Jabatan
|
Kepala Sekolah
|
|
|
|
|
|
|
0 Response to " "
Post a Comment
Silahkan Kirim Komentas yang membangun,,,tidak mengandung SARA