GUDANGMRF.COM









 





































SILABUS MATA PELAJARAN





























Nama Sekolah
: SMK Negeri Kinali



Durasi (Waktu)
: 144 jam





Bidang Keahlian
: Teknologi Informasi dan Komunikasi

Kelas/Semester
: XII





Kompetensi Keahlian
: Teknik Komputer dan Jaringan

Mata Pelajaran
: Kerja Proyek































KI-3 (Pengetahuan)
Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)
Melaksanakan tugas spesifik, dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang dan lingkup kerja Teknik Komputer dan Informatika. Menampilkan kinerja mandiri dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja.Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.Menunjukkan keterampilan mempersepsi, kesiapan, meniru, membiasakan gerak mahir, menjadikan gerak alami, sampai dengan tindakan orisinal dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung

Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Materi Pokok
Nilai Alquran
Nilai Budaya
Alokasi
Waktu
(JP)
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian

1
2
3


4
5
6

3.1
Memahami tim kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
3.1.1
Menjelaskan pengertian tim kerja
a
Tim kerja
Nilai Al-Qur’an Kerjasama /Gotong Royong (Salah satu nilai yang menonjol di materi Kerja Proyek )
Nilai Budaya
Kerjasama / Gotong Royong (Salah satu nilai yang menonjol di materi kerja proyek )
12
1
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang tim kerja
1
Buku teks pelajaran

3.1.2
Menjelaskan alasan pembentukan tim kerja
b
Kepemimpinan

2
Mengumpulkan data tentang tim kerja
2
 Lembar Kerja

3.1.3
Menjelaskan tahapan pembentukan tim kerja
c
Proses pembentukan tim kerja
Kabukit samo mandaki, kalurah samo manurun

3
Mengolah data tentang tim kerja
3
Lembar tabulasi pengamatan siswa

3.1.4
Menjelaskan masalah dan dinamika tim kerja


 Q. S Almaidah : 2

4
Mengkomunikasikan tentang tim kerja dan dinamika tim kerja
4
Literature terkait dengan materi

3.1.5
Menjelaskan kriteria tim kerja



Dalam tim kerja dibutuhkan kerjasama dalam satu tim kerja sebab tampa kerjasama tujuan tim kerja tidak akan dapat tercapai






4.1
Membuat Kelompok kerja proyek yang terdiri dari 4 sampai 5 peserta didik
4.1.1
Membuat kelompok kerja










4.1.2
Membuat tugas-tugas kelompok kerja























3.2
Mengembangkan ide-ide yang berupa topik-topik kerja proyek
3.2.1
Menjelaskan identifikasi dan formulasi kerja proyek
a
Identifikasi dan formulasi kerja proyek


12
1
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang kerja proyek
1
Buku teks pelajaran



b
Bimbingan trayek kerjasama


2
Mengumpulkan data tentang kerja proyek
2
 Lembar Kerja

4.2
Menyajikan hasil topik kerja proyek.
4.2.1
Melakukan persentasi materi kepemimpinan
c
Pencarian dana/subsidi


3
Mengolah data tentang kerja proyek
3
Lembar tabulasi pengamatan siswa

4.2.2
Melakukan tanggan dari persentasi kepemimpinan
d
Project Consultancy


4
Mengkomunikasikan tentang kerja proyek
4
Literature terkait dengan materi















3.3
Memahami kebutuhan pelanggan sebagai alternatif topik kerja proyek
3.3.1
Memahami permintaan pelanggan atas proyek
a
Permintaan pelanggan


12
1
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang permintaan pelanggan
1
Buku teks pelajaran

3.3.2
Memahami pangsa pasar
b
Pangsa pasar



2
Mengumpulkan data tentang permintaan pelanggan
2
 Lembar Kerja



3.3.3
Memahami faktor lingkungan eksternal
c
Pemasaran





3
Lembar tabulasi pengamatan siswa

4.3
Membuat permintaan kebutuhan pelanggan sebagai alternatif topik kerja proyek yang berupa deskripsi tema proyek
4.3.1
Membuat permintaan kebutuhan





3
Mengolah data tentang permintaan pelanggan
4
Literature terkait dengan materi

4.3.2






4
Mengkomunikasikan tentang permintaan pelanggan

















3.4
Mengatur  tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota tim dalam kerja proyek.
3.4.1
Memahami pendelegasian tugas
a
Uraian Tugas


4
1
Mengamati untuk mengidentifikasi dan merumuskan masalah tentang pendelegasian tugas dan tanggung jawab
1
Buku teks pelajaran


3.4.2
Memahami pendelegasian tanggung jawab
b
Uraian tanggung jawab



2
Mengumpulkan data tentang pendelegasian tugas dan tanggung jawab
2
 Lembar Kerja

4.4
Membuat pembagian tugas dan tanggung jawab masing-masing anggota tim dalam kerja proyek.
4.4.1
Membuat tugas-tugas tim kerja





3
Mengolah data tentang pendelegasian tugas dan tanggung jawab
3
Lembar tabulasi pengamatan siswa


4.4.2
Membuat tanggung jawab masing- masing tim kerja





4
Mengkomunikasikan tentangpendelegasian tugas dan tanggung jawab
4
Literature terkait dengan materi















3.5
Menganalisis kerja proyek bersama tim untuk menentukan topik kerja proyek yang aktual dan selaras dengan sarana-prasarana sekolah.
3.5.1
Memahami manageble topik
a
Manageble Topic (Topik terjangkau)


8


1
Buku teks pelajaran


3.5.2
Memahami obtanable data
b
Obtainable Data (Data mudah diperoleh)





2
 Lembar Kerja


3.5.3
memahami Significancy of Topic
c
Significancy of Topic (Penting untuk dikerjakan)





3
Lembar tabulasi pengamatan siswa



3.5.4
Memahami Interested Topic
d
Interested Topic (menarik untuk diteliti)





4
Literature terkait dengan materi

4.5
Menyajikan hasil analisis kerja proyek bersama tim untuk menentukan topik kerja proyek yang aktual dan selaras dengan sarana-prasarana sekolah.
4.4.1
Membuat tugas-tugas tim kerja










4.4.2
Membuat tanggung jawab masing- masing tim kerja
























3.6
Mengkaji ulang  rancangan kerja proyek yang terpilih bersama tim dan pembimbing agar sesuai dengan pengembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan
3.6.1
Analisis Rancangan Kerja Proyek Model lengkap dan cocok
a
Kerja Proyek Model lengkap dan cocok





1
Buku teks pelajaran



Analisis Rancangan Kerja Proyek  Ketepatan asumsi
b
Ketepatan asumsi





2
 Lembar Kerja



3.6.2
Analisis Rancangan Kerja Proyek Sikap pelaksanaan
c
Sikap pelaksanaan





3
Lembar tabulasi pengamatan siswa









12


4
Literature terkait dengan materi

4.6
Menyajikan hasil pengkajian ulang rancangan kerja proyek yang terpilih bersama tim dan pembimbing agar sesuai dengan pengembangan sikap pengetahuan, dan keterampilan
4.6.1

a
Penyusunan Proposal




































3.7
Menganalisis  orijinalitas rancangan kerja proyek yang akan dikerjakan.
3.7.1
Memahami gagasan orisinil dan terintegrasi
a
Gagasan orisinil dan terintegrasi
Nilai Al-Qur’an Kerjasama /Gotong Royong (Salah satu nilai yang menonjol di materi Kerja Proyek )
Nilai Budaya Kerjasama / Gotong Royong (Salah satu nilai yang menonjol di materi kerja proyek )
12


1
Buku teks pelajaran

3.7.2
Memahami otonomi tim kerja
b
Otonomi tim kerja



2
 Lembar Kerja

3.7.3
Memahami invertasi
c
Investigasi kelompok secara kolaboratif
Q. S. Almaidah : 2
Kabukit samo mandaki, kalurah samo manurun



3
Lembar tabulasi pengamatan siswa

4.7
Mempresentasikan orijinalitas rancangan kerja proyek yang akan dikerjakan.
4.7.1
Menampilkan hasil presentasi rancangan kerja proyek



Dalam tim kerja dibutuhkan kerjasama dalam satu tim kerja sebab tampa kerjasama tujuan tim kerja tidak akan dapat tercapai



4
Literature terkait dengan materi





























3.8
Memahami dokumen proposal kerja proyek yang telah disetujui oleh pembimbing yang berisi : tujuan kerja proyek, tim dalam kerja proyek beserta tugas dan tanggungjawab, metode kerja proyek, organisasi kerja proyek, rencana kerja proyek, analisis dan desain, implementasi kerja proyek.
3.8.1
Memahami ketentuan penulisan laporan akhir kerja proyek
a
Penyusunan Proposal





1
Buku teks pelajaran


3.8.2
Memahami kerangka penulisan laporan akhir kerja proyek







2
 Lembar Kerja

4.8
Membuat dokumen proposal kerja proyek yang telah disetujui oleh pembimbing yang berisi : tujuan kerja proyek, tim dalam kerja proyek beserta tugas dan tanggungjawab, metode kerja proyek, organisasi kerja proyek, rencana kerja proyek, analisis dan desain, implementasi kerja proyek.






8


3
Lembar tabulasi pengamatan siswa





























3.9
Memahami prinsip penjaminan mutu hasil kerja proyek












4.9
Menyajikan prinsip penjaminan mutu hasil kerja proyek












3.10
Mamahami prinsip pembuatan buku panduan hasil kerja proyek












4.10
Membuat buku panduan hasil kerja proyek






12





3.11
Menganalisis hasil kerja proyek












4.11
Mengevaluasi hasil kerja proyek






12





3.12
Menganalisis bahan-bahan presentasi hasil kerja proyek












4.12
Mempresentasikan hasil kerja proyek.






12





3.13
Memahami proses pengemasan hasil kerja proyek.












4.13
Membuat kemasan hasil kerja proyek.






8





3.14
Memahami kerangka pembuatan laporan akhir kerja proyek..












4.14
Membuat laporan akhir kerja proyek.






8



















Tanggal
18-Apr-17
Tanggal

Tanggal


Oleh
Gustifa Fauzan, S.Pd, Gr
Oleh
Ilham Effendi, S.Pd
Oleh
H. Syahrul, M.Pd


Jabatan
Guru Pemograman Dasar
Jabatan
Waka. Kurikulum
Jabatan
Kepala Sekolah












0 Response to " "

Post a Comment

Silahkan Kirim Komentas yang membangun,,,tidak mengandung SARA

Postingan Populer

Contact Form

Name

Email *

Message *

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Template Blogger Terbaik Rekomendasi

Iklan Bawah Artikel